Perbedaan Samsung Galaxy Tab 2, Apple iPad 2 atau Playbook

Teknologi komputer saat ini sedang diramaikan dengan tampilan komputer tablet. Komputer tablet saat ini menjadi trend di dunia karena selain fashionable juga mempunyai kelebihan fitur multi media dan fasilitas online yang menarik. Saat ini tampaknya komputer tablet akan dididominasi oleh Samsung Galaxy Tab 2 dan Apple iPad 2. Meski saat ini Blackberry juga sudah meluncurkan Playbook. Ketiga tablet tersebut memiliki karakter dan keunikan tersendiri. Terkadang sulit untuk menentukan pilihan tergantung kebutuhan pemakainya. Harga Samsung Galaxy Tab 2, PlayBook dengan iPad 2 tidak berbeda jauh , yakni US$ 499 atau sekitar Rp 4,5 juta untuk versi 16 gigabita plus Wi-Fi.

Komputer tablet atau tablet, adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan papan ketik atau tetikus. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad. Pada tahun 2011 Samsung meluncurkan versi komputer tablet Galaxy Tab 8.9 dan 10.1(P7100)

Samsung Galaxy Tab 2

Samsung Galaxy Tab adalah komputer tablet berbasis Android yang diproduksi oleh Samsung, yang sudah diproduksi pada tanggal 2 September 2010 di IFA Berlin. Mempunyai fitur 7-inci (180 mm) TFT-LCD touchscreen, mempunyai kemampuan Wi-Fi , sebuah 1.0 GHz Cortex A8-ARM (Hummingbird) prosesor,dan sistem masukan Swype. Hal ini dilengkapi dengan kamera belakang 3,2 MP dan kamera depan 1,3 MP yang berguna untuk videocall. Samsung Galaxy Tab di rilis dan dilengkapi dengan Android 2.2 (Froyo). Perangkat keras Tablet ditutupi dalam tubuh plastik yang membuatnya lebih ringan dibandingkan dengan tablet logam buatan lainnya, dengan berat 380 gr. Model GT-P1000 membawa 7 “TFT LCD bukan sebuah AMOLED yang digunakan oleh Samsung di sebagian besar ponsel yang layarnya memiliki resolusi 1024 × 600. Samsung Galaxy Tab memiliki penyimpanan flash internal sebesar 16 GB atau 32 GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD.

Samsung Galaxy Tab ini memiliki dua kamera yaitu 3,2 MP kamera di bagian belakang yang dilengkapi dengan LED flash dan 1,3 MP kamera di bagian depan untuk video calling. Samsung Galaxy Tab ini memiliki 802.11 dan Wi-Fi, Bluetooth 3.0, 3G konektivitas melalui HSPA dan jaringan HSUPA, dan chip GPS. Baterai 4000 mAh yang akan memberikan 7 jam pemutaran video atau 10 jam Waktu bicara.

Samsung Galaxy Tab terlihat lebih unggul dalam spesifikasi hardware. Samsung Galaxy Tab juga mengandalkan Android Market dan Samsung Apps. Android Market mempunyai keuntungan dari kebebasan developer untuk menjual aplikasi. Akan tetapi di lain pihak kebebasan ini sering menjadi masalah karena terlalu banyak aplikasi yang tidak berguna yang di upload di Android Market tanpa pengawasan.

Samsung Galaxy Tab ini dilengkapi dengan Android 2.2 yang akan upgradeable ke Android 3.0.Dalam waktu dekat ini Versi Android telah dimodifikasi dengan beberapa aplikasi. Kebanyakan Android 2.2 aplikasi dikembangkan dengan menggunakan pedoman Google untuk Android harus skala besar bila ditampilkan pada perangkat yang lebih besar layar seperti Samsung Galaxy Tab. Menurut Samsung,Adobe Flash 10,1, DivX, MPEG-4, WMV dan Xvid, H.263, H.264 juga telah diumumkan. Fitur kalender, email dan aplikasi instant messaging. Memiliki peluncur untuk aplikasi e-bacaan yang dimulai Press Display ketika membaca koran, Kobo ketika membaca e-buku, dan Zinio saat membaca majalah.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab

  1. 7-inch touchscreen Enhanced layar TFT dengan resolusi WSVGA. Penawaran dan gambar lebih jelas, memberikan resolusi 1024 x 600.
  2. Samsung 1GHz Cortex A8 Hummingbird Aplikasi Processor yang menghasilkan kinerja responsif UI, dan HD seperti kemampuan pemutaran untuk konten multimedia.
  3. Android 2.2 platform. Dengan dukungan untuk Google Mobile Services termasuk Gmail, YouTube ™, Google Talk, Google suara dan akses ke Android Market ™, yang menyediakan akses ke lebih dari 80.000 aplikasi.
  4. Full HTML Web browsing.Dukungan penuh untuk Adobe Flash 10. Menyediakan browsing game, Web dan video
  5. Enam sensor gerak dan accelerometer. Menyediakan game, dan pengalaman menonton saat perangkat dimiringkan ke atas atau bawah atau panning telepon ke kiri atau kanan. Pengguna email, kalender dan kontak akan berputar dari portrait ke landscape dan terbuka sebagai layar-split untuk membuat PC atau laptop. Kebanyakan aplikasi Android Market akan terbuka di layar penuh dan non-scalable Android Market aplikasi akan dibingkai dan berpusat pada layar Tab Galaxy pada resolusi 800 x 400.
  6. Kamera belakang 3MP dan camcorder ,Fitur autofocus menangkap video berkualitas DVD
  7. Video Chat – Wi-Fi
  8. Kamera belakang 1,3 MP dan camcorder. Memungkinkan video chatting dengan orang lain yang memiliki kemampuan video conferencing (aplikasi yang tersedia di Android Market).
  9. Email Korporasi yang mendukung Android Exchange ActiveSync 2.2 e-mail untuk menyesuaikan e-mail perusahaan, kontak dan kalender dari rekening kantor e-mail
  10. Virtual QWERTY Keyboard Menampilkan Swype Teknologi,Input teks lebih cepat dan dalam cara yang lebih intuitif dengan satu gerakan jari terus-menerus di keyboard layar
  11. Stereo Bluetooth Technology. Dukungan untuk profil berikut port serial, distribusi audio lanjutan, audio atau visual remote control, push objek untuk vCard, pencetakan dasar, audio generik atau distribusi video, audio atau distribusi visual, audio atau protokol transport kontrol visual.
  12. Full suite pilihan pesan Teks, gambar, video dan pesan suara, yang bisa mendukung perusahaan dan personal e-mail account.
  13. Musik dan pemain video dengan browsing katalog antar user.
  14. Wi-Fi dan 3G Mobile dukungan Hotspot
  15. Built-in 2GB memori internal dengan 16GB pra-instal microSD ™ diperluas untuk 32GB. Baterai 4.000 mAh menyediakan tenaga yang cukup untuk menonton film, berbagi konten dan surfing di Web selama berjam-jam.
  16. Ultra tipis dan berat kurang dari 1 pon. Untuk pengguna yang tidak ingin terbebani dengan menambahkan tablet mobile ke saku atau tas.

Perkembangan fitur

  • V CAST Music dengan Rhapsody CAST , V Video on Demand, V CAST Song ID, VZ Navigator, aplikasi termasuk reader Kindle e-, bersama dengan game seperti “RUEVE”
  • Samsung Sosial Hub.Dibangun sekitar pesan, kontak dan sinkronisasi kalender, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima kegiatan sehari-hari, apakah itu adalah e-mail, update jaringan sosial atau pesan SMS
  • Terpadu Kalender informasi dari kalender portal, Kurs, Google Calendar dan layanan jaringan sosial (SNS), termasuk Facebook.
  • Terpadu Kontak syncs dengan Exchange, Google, Twitter dan Facebook dan menampilkan kontak pengguna dalam empat kategori termasuk Informasi, Sejarah (panggilan sebelumnya dan pesan), Kegiatan (status update dan pemberitahuan di situs jejaring sosial) dan Media (foto profil Facebook dan foto galeri).
  • Customizable menu touchscreen dengan widget drag and drop AllShare Aplikasi. Mengaktifkan konektivitas antar perangkat melalui Digital Living Network Alliance (DLNA), sehingga pengguna dapat mengirim konten multimedia nirkabel ke perangkat lain DLNA-enabled seperti TV dan laptop.
  • Berita & Cuaca. Menampilkan berita dan cuaca update dalam format yang bergulir terus menerus.
  • Daily Briefing, akses instan ke cuaca, berita, saham dan jadwal.
  • Hybrid Jam. Menampilkan informasi cuaca selama clock widget.
  • ThinkFree Office. Memungkinkan untuk melihat dan mengedit dokumen Microsoft Office dalam Word, Excel, PowerPoint atau dokumen PDF.

Samsung Galaxy Tab II tampil dengan muka baru tipis, cepat dan canggih. Tampilan monitor dengan layar 8,9 inci dan 10,1 inci. Kedua seri terbaru ini memakai sistem operasi Android khusus tablet, Android 3.0 (Honeycomb), dan tampilan antarmuka TouchWiz 4.0. Samsung Galaxy Tab 8.9 yang memiliki layar 8,9 inci beresolusi WXGA dan berdimensi 23 x 15,7 x 0,8 cm dengan berat 470 gram. Kapasitasnya baterai 6000 mAh. Samsung Galaxy 10.1 yang sempat melewati tahap revisi produk hadir dengan dimensi 25,6 x 17,2 x 0,8 cm. Galaxy Tab 8.9 maupun Galaxy Tab 10.1 keduanya lebih tipis ketimbang iPad 2. Galaxy Tab 10.1 menggunakan layar PLS dengan kualits gambar lebih tajam dibandingkan layar IPS yang kerap ditemukan di produk tablet lainnya. Baterainya sedikit lebih tahan lama dengan kapasitas 6800 mAh. CPU dual-core 1GHz modifikasi pada TouchWiz 4.0. Flash Player 10.2 lengkap dengan aplikasi Quickoffice HD untuk mengedit dokumen.

Galaxy Tab 8.9 dan Galaxy Tab 10.1 kurang lebih serupa. Kedua tablet memakai kamera 3MP sebagai kamera utama lengkap dengan fitur autofocus dan perekam video 720p. Dan, kamera 2MP di bagian depan sebagai kamera sekunder untuk keperluan video call.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy Tab 8.9, :

Samsung Galaxy Tab 10.1 Samsung Galaxy Tab 8.9
Samsung Galaxy Tab 10.1 Samsung Galaxy Tab 8.9
Dimensi dan berat 25,6 x 17,2 x 0,8 cm
595 gram
23 x 15,7 x 0,8 cm
470 gram
Layar 10,1 inci, TFT capacitive touchscreen, 16M colors 8,9 inci, TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi 800 x 1280 piksel 800 x 1280 piksel
OS Android 3.0 (Honeycomb) Android 3.0 (Honeycomb)
Prosesor 1 GHz dual-core processor 1 GHz dual-core processor
Memori 16/32/64 GB 16/32/64 GB
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth 2.1 dengan A2DP, EDR
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n
Bluetooth 3.0 dengan A2DP
Telepon Tidak ada Tidak ada
GPS Ada, A-GPS Ada, A-GPS
Kamera belakang 3.15 MP 3.15 MP
Kamera depan 2 MP 2 MP
Flash video Adobe Flash 10.2 Adobe Flash 10.2
Fitur-fitur lain – SNS (social network service) integration, include Facebook, Twitter, MySpace
– Digital compass
– TV-out
– MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/OGG player
– Organizer
– Image/video editor
– Quickoffice HD editor/viewer
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
– Voice memo
– Predictive text input
– SNS (social network service) integration, include Facebook, Twitter, MySpace
– Digital compass
– TV-out
– MP4/DivX/Xvid/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/OGG player
– Organizer
– Image/video editor
– Quickoffice HD editor/viewer
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
– Voice memo
– Predictive text input
Kios aplikasi Android Market Android Market
Harga US$499, setara Rp4,3 juta (16GB)
US$599, setara Rp5,2 juta (23GB)
US$469, setara Rp4 juta (16GB)
US$569, setara Rp4,9 juta (32GB)

iPad 2

iPad 2 generasi terbaru dari pendahulunya iPad1 adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO (yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 april 2010, dengan kisaran harga mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD. Namun warga AS sudah dapat memesan produk ini mulai tanggal 12 Maret 2010 melalui Apple Online Store.

Di dalam iPad, selain fitur umum seperti home screen, contact (kontak), kalender dan catatan terdapat juga sejumlah aplikasi-aplikasi seperti:

  • Safari: merupakan penjelajah web yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs internet, seperti Google, Yahoo, Myspace, Flickr, Apple atau situs jejaring sosial seperti Friendster, Twitter, Facebook dan Plurk.
  • Mail: merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat surat elektronik (email) dan fitur ini dapat bekerja dengan hampir semua provider terkemuka seperti Yahoo! Mail, Gmail, atau Windows Live Hotmail.
  • iTunes: merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjelajah dan mengunduh musik, tayangan televisi, video maupun podcasts melalui iTunes Store. Aplikasi iTunes yang ada di dalam iPad dapat disinkronisasikan dengan iTunes yang ada pada MacBook ataupun komputer yang dimiliki pengguna.
  • iPod: merupakan aplikasi yang mampu mengorganisasi dan memutar musik, sama seperti yang terdapat pada produk Apple yang lain seperti iPod ataupun iPhone.
  • Photo: sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengorganisasi dan melihat foto. Pengguna tidak hanya bisa melihat foto berdasarkan tanggal dan acaranya, tetapi juga berdasarkan wajah ataupun tempat dimana foto tersebut diambil. Pengguna juga dapat mengsinkronisasikan foto ke dalam iPad dari Mac atau komputer melalui iTunes ataupun memindahkan foto dari kamera digital ke iPad melalui iPad camera connection kit.
  • Video: aplikasi yang digunakan untuk menonton berbagai jenis video, mulai dari film dengan kualitas High Definition (HD), podcast, acara TV sampai musik video dimana saja walau pengguna sedang berada di dalam pesawat sekalipun.
  • App Store: digunakan untuk mengunduh aplikasi yang jumlahnya mencapai hampir 150.000. App Store menyediakan aplikasi untuk produk-produk buatan Apple dengan beragam kategori, mulai dari permainan, gaya hidup, pendidikan dan lain sebagainya. Aplikasi yang terdapat di dalam App Store dapat diunduh secara gratis oleh pengguna namun ada juga yang dikenakan sejumlah biaya.
  • Youtube: aplikasi ini dapat digunakan untuk memudahkan pengguna melihat berbagai macam jenis video yang ada dalam Youtube tanpa perlu mengakses situsnya.
  • iBooks: sebuah aplikasi yang digunakan tidak hanya untuk membaca saja, tetapi juga menjelajah dan membeli buku-buku berformat digital (e-books) dari iBookstore. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store secara gratis, namun sayangnya aplikasi ini baru tersedia di AS saja.
  • iWork: aplikasi yang juga terdapat pada Mac, yang terdiri dari Keynote, Pages dan Numbers. Aplikasi ini dapat membantu pengguna membuat presentasi, dokumen, maupun spreadsheet.
  • Maps: aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat peta dari atas dengan resolusi tinggi melalui pencitraan satelit. Selain melihat peta, pengguna juga bisa mencari lokasi tempat atau rute dari satu tempat ke tempat lain.

Apple juga menyediakan berbagai macam aksesori tambahan yang dapat dibeli secara terpisah oleh pengguna untuk melengkapi Ipad. Aksesori tambahan untuk iPad tersedia mulai dari keyboard dock, iPad case, iPad camera connection kit, iPad dock, iPad 10W USB power adapter, iPad dock connector to VGA adapter, Apple wireless keyboard, headphone, earphone hingga composite dan component AV cable.

iPad 2 adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). Merupakan kelanjutan dari produk iPad yang sudah dipasarkan tahun 2010. iPad 2 memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.

iPad 2 dipasarkan pertama kali di Amerika Serikat, pada tanggal 11 Maret 2011. Dengan kisaran harga pada penjualan pertama mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD. iPad 2 selanjutnya akan diluncurkan di 25 negara lainnya pada tanggal 25 Maret 2011, sedangkan peluncuran di Jepang akan ditunda akibat adanya bencana gempa dan tsunami yang terjadi di negara itu.

Spesifikasi iPad 2

  • iPad 2 lebih tipis 33% (8.8 mm) dibanding pendahulunya dan lebih ringan 15% (601 g). Ukuran tinggi 241.2 mm dan lebar 185.7 mm
  • Penyimpanan: 16GB, 32GB dan 64GB
  • Transmisi Data: Wi-Fi (802.11a/b/g/n), bluetooth 2.1, teknologi EDR
  • Seluler: GSM dan CDMA untuk model WiFi + 3G
  • Layar: diagonal 9.7 inci, glossy widescreen Multi-Touch dengan teknologi IPS
  • Resolusi: 1024 x 768 piksel (132 ppi)
  • Bahasa dan karakter: mendukung beberapa bahasa dan jenis karakter secara bersamaan.
  • Prosesor: 1GHz dual-core Apple A5
  • Kamera belakang: perekam video HD (720p) hingga 30 frame per detik dengan suara. Foto dengan 5x digital zoom
  • Kamera depan: perekam video VGA hingga 30 frame per detik. Foto dengan kualitas VGA
  • Foto dan video dengan geotag melalui Wi-Fi
  • Baterai: 25-watt-jam litium-polimer yang bisa diisi ulang melalui USB komputer atau adaptor listrik. Untuk 10 jam penjelajahan internet melalui Wi-Fi, menonton video dan mendengarkan musik. Untuk 9 jam penjelajahan internet melalui seluler.
  • 30-pin konektor dok
  • 3.5mm headphone stereo minijack
  • Speaker
  • Mikrofon
  • Micro-SIM Card tray untuk model Wi-Fi + 3G
  • Gyro 3 sumbu
  • Akselerometer
  • Sensor kepekaan cahaya
  • Wi-Fi
  • Kompas digital
  • Assisted GPS untuk model Wi-Fi + 3G
  • Kemampuan seluler untuk model Wi-Fi + 3G
  • Frekwensi suara: 20Hz hingga 20KHz
  • Format audio: HE-AAC (V1 and V2), AAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (dari iTunes Store), MP3 (8 hingga 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, dan 4, Audible Enhanced Audio, AAX, dan AAX+), Apple
  • Lossless, AIFF, dan WAV
  • Dolby Digital 5.1 surround sound pass-through dengan Apple Digital AV Adapter (dijual terpisah)
  • Temperatur penggunaan: 0° hingga 35° C
  • Temperatur tidak digunakan: -20° hingga 45° C
  • Kelembaban relatif: 5% hingga 95% tanpa pengembunan
  • Maksimal ketinggian penggunaan: 3000 m

Playbook

BlackBerry PlayBook hadir dengan layar seluas 7 inci dan berjalan dengan sistem operasi QNX. Tampil dengan balutan warna hitam dengan lekukan di empat sudutnya, logo BlackBerry terpampang di bagian bawah jika tablet itu dipasang dalam posisi horizontal. Bobotnya 425 gram dan sedikit lebih tebal dari iPad 2–tebal PlayBook 1 sentimeter, sedangkan iPad 2 0,8 sentimeter. Pada bagian atas terdapat empat tombol untuk volume, play/pause, dan power. Sayangnya, rangkaian tombol ini terlalu kecil dirasakan pada ujung jemari, sehingga pengguna yang berjari besar mesti menggunakan kukunya untuk menekan.

RIM menciptakan dua kamera pada PlayBook. Satu menghadap ke belakang dengan resolusi 5 megapiksel dan 3 megapiksel menghadap ke depan. Dua kamera itu dibenamkan di bagian tengah atas layar beresolusi 600 x 1.024 piksel. Di bagian bawah tersembunyi tiga port, yakni micro-HDMI, micro-USB, dan sebuah connector charger bercabang tiga.

Dilengkapi dengan prosesor dual-core 1 GHz membuat PlayBook mampu berjalan dengan maksimal, sehingga lebih mudah mengakselerasi video dan game, serta menampilkan gambar definisi tinggi. Kinerjanya termasuk cepat dan responsif karena dengan sigap beralih dari aplikasi yang satu ke aplikasi lainnya.

Daya tahan baterai PlayBook dinilai cukup baik dibanding Samsung Galaxy Tab dan Dell Streak. Namun masih jauh di bawah iPad 2, iPad, dan Motorola Xoom. Baterai PlayBook bertahan selama 7 jam 1 menit; iPad 2 selama 10 jam 26 menit; iPad selama 9 jam 33 menit; Motorola Xoom 8 jam 20 menit; Dell Streak 7, 3 jam 26 menit; Archos 7 jam 20 menit; dan Samsung Galaxy Tab 6 jam 9 menit.

Diperlukan aplikasi BlackBerry Bridge untuk menghubungkan tablet PlayBook dengan telepon  BlackBerry. Smartphone BlackBerry harus menggunakan sistem operasi BlackBerry versi 5 atau enam dan memiliki aplikasi BlackBerry Bridge. Dua perangkat tersebut bisa saling terhubung melalui Bluetooth. Dengan BlackBerry Bridge, tablet PlayBook dan ponsel BlackBerry bisa “berbagi” e-mail, kalender, kontak, dan memo, tapi tidak BlackBerry Messenger (BBM).

SOURCE : KORAN ANAK INDONESIA

About Vanilla - Green

Just an ordinary girl who like to do many things

Posted on June 29, 2011, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: